Sekilas Biografi WALIKOTA TANGERANG


H. Arief Rachadiono Wismansyah, BSc.,Mkes. Lahir di Tangerang 23 April 1977. Arief kecil lahir di sebuah klinik bersalin sederhana milik orang tuanya di Karawaci, Kota Tangerang.Suatu tempat dimana jadi cikal bakal berdirinya Rumah Sakit megah bernama Sari Asih.Kelak,di kemudian hari putera ketiga dari Hj.Siti Rochayah dan H.Marsudi Haryoputro ini tampil sebagai pemimpin pada usia tidak lazim untuk ukuran orang Indonesia,yakni berumur 25 tahun.Sederet prestasi gemilang dalam mengembangkan perusahaan ini pun patut diberikan apresiasi kepada sang Presiden Direktur Rumah Sakit Sari Asih Group ini.Lewat karya emasnya,tercatat sudah ada 5 Rumah Sakit milik Sari Asih yang bertengger di wilayah Tangerang dan Serang.

Kedua orang tua Arief yakni H.Marsudi Haryoputro dan Siti Rochayah berasal dari kampung yang sama yakni Desa Jatijajar Gombong, Kebumen.Keduanya merantau ke Tangerang sejak tahun 1971 dan berhasil membuktikan diri menjadi orang jawa perantauan yang sukses di Tangerang.

Arief menghabiskan masa kecil sekolahnya di Tangerang dan Jakarta.Masa kecilnya sekolah di SD Negeri 6 Tangerang dan melanjutkannya di SMP Negeri 1 Tangerang.Dan ketika remaja memilih SMA 8 Jakarta untuk melanjutkan studinya disekolah yang tercatat sebagai SMA unggulan Nasional.Setelah lulus Arief langsung terbang ke Amerika dan memilih kuliah di Western Michigan University, USA untuk program studi engineering management dan meneruskan S-2 di Universitas Gadjah Mada dengan program Magister Management Rumah Sakit.

Jauh sebelum bermukim di Amerika Serikatuntuk studi,Arief layaknya remaja lain,adalah sosok pribadi yang gaul dan supel.Kegemarannya aktif di organisasi sekolah semacam Pramuka mampu mencetak seorang pribadi yang mandiri.Dimasa ini pula mulai bertumbuh benih kepemimpinan dan jiwa entrepreneurship-nya (wirausaha).

Pengalaman unik kerap jadi kenangan hidupnya. Ya,ketika ia harus memulai bisnisnya dengan menjual rotan untuk tongkat pramuka dan sewa menyewa sound system.Kelak,otak dagang dari suami Hj.Aini Suci ini pun tak hilang.Pernah,semasa kuliah di Amerika bisnis loper Koran sampai jualan mobil pun dilakoninya.Sikap ulet dalam berusaha ini menurun dari ayah dan ibunya yang asli Kebumen.

Layaknya putera sulung seorang pengusaha,ayah dari Salika Fatimah Ariane dan Muhammad Irfan Maulana ini tentu secara ekonomi dan pengakuan status social dimasyarakat sudahlah cukup.Tapi baginya prinsip hidup adalah sebuah perjuangan dan kerja keras jika hendak mancapai kata sukses.Dan ia pun kini tampil bersahaja dengan perangai yang ramah kepada siapa pun didekatnya.

Sejak kecil, Arief telah dibekali pandidikan dan pengetahuan agama Islam kepada kedua orang tuanya.Ia pun terus menggali dan berguru kepada para kyai dan ulama.Kehausannya akan pengetahuan Islam semain memperkokoh integritas dirinya sebagai muslim yang tidak hanya menjalankan segiatan spiritual,melainkan mewujudkan sikap peduli kepada sesame. Dan sebagai seorang CEO Rumah Sakit Sari Asih Group, Arief konsisten memasukkan nuansa pelayanan bernilai Islami kepada setiap pasien.Begitu juga dalam hubungan kerjanya dengan karyawan, Arief menganggap mereka adalah mitra yang satu sama lain saling membutuhkan. Hubungan kearifan selalu dicontohkan seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang menjadikan setiap sahabat adalah teman.Kunci sukses yang ditanamkan oleh orangtua dalam dirinya adalah bagaimana senantiasa berjalan bersama Allah SWT dan mencontoh Rosulullah dalam setiap perbuatan.

Di usianya yang masih muda,yakni 32 tahun Arief sudah tampil dengan kematangannya sebagai pemimpin visioner. Pemimpin muda yang kini menjadi isu sentral yang diharapkan mampu mendorong terciptanya perubahan bangsa Indonesia kea rah yang lebih baik.Pemimpin yang mampu meneruskan perjuangan para pendiri bangsa demi mewujudkan cita-cita menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : H. ARIEF RACHADIONO WISMANSYAH, BSc., MKes
Tempat/Tgl Lahir : Tangerang, 23 April 1977
Alamat : Jl. Sinar Hati No. 1 Kel. Sukajadi, Kec.Karawaci, Kota Tangerang, Banten
Agama : Islam
Status Perkawinan : Sudah Kawin
Nama Istri : Hj. Aini Suci
Jumlah Anak : 4 (empat) orang

RIWAYAT PENDIDIKAN
1.  SD Negeri 6 Tangerang Lulus Tahun 1989
2.  SMP Negeri 1 Tangerang Lulus Tahun 1992
3.  SMA Negeri 8 Jakarta Lulus Tahun 1995
4.  S1 Western Michigan University USA Lulus Tahun 2000
5.  S2 Universitas Gadjah MADA Yogyakarta Lulus Tahun 2006

PENGALAMAN PEKERJAAN
1.  Presiden Direktur PT. Sari Asih Group
2.  Presiden Direktur PT. Sari Asih Aria Cemerlang
3.  Direktur PT. Sari Asih Putra Mandiri
4.  Direktur PT. Sari Asih Mangun Persada
5.  Komisaris PT. Sari Arya Putra
6.  Wakil Walikota Tangerang Periode 2008-2013



PENGALAMAN ORGANISASI
1.  Presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika
2.  Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)
3.  Ketua Umum Yayasan Bintang Rahmah Tangerang
4.  Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al-Azhom 
5.  Ketua BNNKT (Badan Narkotika Nasional Kota Tangerang)
6.  Ketua Satuan Pelaksana (SATLAK) Penanggulangan Bencana Kota Tangerang
7.  Ketua Dewan Penasehat Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kota Tangerang
8.  Ketua Dewan Penasehat FKUB, Ketua KOMINDA, Kota Tangerang, Ketua LKS Tripatrit Kota Tangerang
9.  Ketua RANHAM Kota Tangerang, Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Tangerang
10.Ketua Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kota Tangerang, Wakil Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tangerang
11.Mustayar NU Kota Tangerang, Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Tangerang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »